Kamis, 14 November 2013

TUGAS 4 KONSEP SISTEM INFORMASI


Ada beberapa pendapat Pengertian data bases / basis data.  Ingin tahu jawabannya, mari kita lihat Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli :

      Menurut Andi (1991) database adalah segala hal yang berhubungan dengan pengolahan data, sedangkan menurut Harianto (2002: 3) menyebutkan bahwa database adalah kumpulan file-file yang saling berelasi yang ditunjukkan dengan kunci (key) dari tiap file yang ada. Satu database menunjukkan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup tertentu.
      Istilah basis data banyak menimbulkan interpretasi yang berbeda menurut Chou dalam Kadir (1999: 9) mendefinisikan basis data sebagai kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tata cara yang khusus. Menurut Fabbri dan Schwab, basis data adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan data.
      Menurut Date, sistem basis data pada dasarnya dalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan (Kadir, 1999: 9).


Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa basis data adalah sistem berkas terpadu yang dirancang untuk memelihara informasi, meminimalkan pengulangan data dan dapat membuat informasi tersebut tersedia setiap saat dibutuhkan.

Sumber : http://www.zainalhakim.web.id/pengertian-basis-data.html

0 komentar:

Posting Komentar