Masalah dalam Inteligensia Buatan
“Kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan
yang ada”.
Masalah dalam
Inteligensia Buatan adalah masalah-masalah yang dapat dikonversi ke dalam ruang
keadaan(ruang masalah),mempunyai keadaan awal, dan keadaan tujuan.
Aturan-aturan yang dibuat untuk mengubah suatu
keadaan ke keadaan lainnya.
Graf Keadaan
Graf terdiri dari
node-node yang menunjukkan keadaan yaitu keadaan awal dan keadaan baru yang
akan dicapai dengan menggunakan operator.
Berikut
ini adalah contoh graph keadaan
Node S : awaL,
node U adalah tujuan. Ada 3 lintasan dari S ke U :
1.
S-I-A-R-U
2.
S-T-O-M-H-U
3.
S-M-H-U
Ada 4 Lintasan yang tidak sampai ke tujuan (menemui jalan
buntu) :
1.
S-I-A-R-B
2.
S-T-K
3.
S-T-O-M-H-N
4.
S-M-H-N
Pohon
Pelacakanya adalah
Pohon
pelacakan adalah suatu pohon yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan
persoalan pada bidang ilmu Artificial Intelligence (AI), dimana akar
dari pohon berupa keadaan awal dari permasalahan dan cabang (dahan) berupa
keadaan-keadaan yang mungkin terjadi dari keadaan sebelumnya serta daun
merupakan keadaan akhir dari permasalahan tersebut.
Persoalan
saat ini adalah bagaimana menyelesaikan suatu contoh permasalahan di atas dan mencari
lintasan terpendek dengan cara penerapan pohon pelacakan pada penyelasaian di
bawah ini :
Keterangan:
• Simpul pada
Level 0 disebut akar (root) atau keadaan awal.
• Simpul akar
memiliki percabangan yang terdiri atas simpul successor (anak (child)).
• Namun, jika
dilakukan pelacakan mundur , maka dapat dikatakan bahwa simpul tersebut memiliki
predecessor.
• Simpul yang
tidak memiliki anak disebut daun (leaf), akhir dari suatu
pencarian.
• Simpul daun
dapat berupa tujuan yang diharapkan (goal) atau jalan buntu (dead end).
Pohon
AND/OR
Digunakan
untuk menunjukkan bahwa masalah yang hendak diselesaikan dengan Pohon Pelacakan
dapat diselesaikan dengan mengambil salah satu sub-goal atau hanya dapat
diselesaikan dengan mengambil lebih dari satu sub-goal sekaligus.
Gambar[a]:
Suatu masalah S yang hendak dicari solusinya dengan 3 kemungkinan yaitu I, T, atau M. Artinya, masalah S bisa diselesaikan jika salah satu dari sub-goal I,T atau M terpecahkan.
Gambar [b]
menunjukkan bahwa masalah S hanya bisa diselesaikan dengan memecahkan sub-goal I, T, dan M terlebih dulu sekaligus. AND
Jadi
manfaat pohon AND/OR mempersingkat level Pohon Pelacakan.
“Jangan Menyerah dengan Keadaanmu Sekarang Optimislah
karena Optimis memubuat Kita Kuat”
Sampai jumpa dengan materi lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar